How to Prepare Tasty Roti Pia aka Roti Gepeng No Telur (bisa Oven & Teflon)

Roti Pia aka Roti Gepeng No Telur (bisa Oven & Teflon).

Roti Pia aka Roti Gepeng No Telur (bisa Oven & Teflon) You can have Roti Pia aka Roti Gepeng No Telur (bisa Oven & Teflon) using 11 ingredients and 6 steps. Here is how you cook it.

Ingredients of Roti Pia aka Roti Gepeng No Telur (bisa Oven & Teflon)

  1. It's 250 gr of terigu (saya biru).
  2. Prepare 50 gr of gula pasir halus (bisa gulanya diblender dulu).
  3. You need 1 gr of bread improver (saya Bakerine Plus).
  4. You need 4 gr of ragi instan.
  5. It's 180 ml of air (kalo saya cukup suhu ruang).
  6. Prepare 10 gr of susu bubuk (tambahan saya).
  7. It's 30 gr of margarin.
  8. You need 1/2 sdt of garam (saya 3/8 sdt).
  9. It's of Bahan Filling:.
  10. It's of Susu/keju manis (lihat resep).
  11. It's of Nougat kacang (lihat resep).

Roti Pia aka Roti Gepeng No Telur (bisa Oven & Teflon) instructions

  1. Buat adonan roti seperti biasa. Pada tahap ini saya masih menggunakan tangan. Pertama, campur semua bahan di atas (kecuali margarin & garam). Aduk rata. Air digunakan seperlunya saja, TIDAK HARUS habis. Lalu tambahkan margarin & garam, campur hingga rata (homogen). Lalu saya gunakan mixer untuk membantu ulen hingga kalis. Cara menggunakan hand mixer bisa lihat di Channel Resep Papa Youtube. Saya juga belajar dari sini..
  2. Setelah adonan kalis elastis, resting sebentar sekitar 10-20 menit. Lalu langsung dibagi 20 gr/pcs. Rounding, dan siap diberi isian..
  3. Saya bikin ini 2x. Hari pertama bikin versi oven listrik, hari kedua bikin versi teflon. Untuk versi oven, setelah adonan diberi filling (isian), selanjutnya proofing di loyang yang sudah diberi olesan carlo cukup tebal (lebih tebal dari olesan biasa). Gunanya agar saat dibalik roti tidak lengket di loyang. Proofing sebentar saja, cukup sampai ukuran adonan mengembang 2x..
  4. Panaskan dulu oven. Setelah itu atur suhu 220C api bawah saja. Panggang roti pada rak terbawah hingga bagian bawah mulai kecoklatan. Kemudian segera balik adonan dan panggang sisi satunya hingga matang. Di oven saya sekitar 5-6 menit tiap sisi. Karena saya suka tampilan yang lebih coklat, kadangkala saya panggang lebih lama sedikit..
  5. Hari kedua, saya bikin lagi 2x resep dan dipanggang di teflon. Cukup panaskan teflon dengan api kecil hingga siap digunakan. Teflon tidak saya beri olesan karena punya saya masih mulus, masih antilengket. Panggang tiap sisi hingga matang & mudah dibalik. Jangan lupa loyang ditutup agar diperoleh suhu panas maksimal..
  6. Taraaa...ini dia hasilnya. Baik versi oven maupun versi teflon, keduanya sama-sama berhasil. Bedanya, yang versi oven tingkat kematangan, warna, bisa lebih seragam daripada versi teflon. Foto 1 versi teflon. Foto 2 versi oven listrik..

More Articles

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "How to Prepare Tasty Roti Pia aka Roti Gepeng No Telur (bisa Oven & Teflon)"

Posting Komentar